Maulid, Milad dan Sumpah Kebangkitan merupakan Program Serangkaian Acara untuk memeriahkan Milad STPI Bina Insan Mulia yang ke 26. Salah satu agenda acara yang diperuntukkan Alumni STPI Bina Insan Mulia adalah CADAS MANIS yang merupakan kepanjangan dari Bincang Cerdas Manfaat Alumni STPI Bina Insan Mulia Yogyakarta. Kegiatan temu alumni ini sebenarnya telah rutin dilaksanakan minimal setiap satu kali setahun dalam setiap kegiatan Milad STPI. Namun setelah terbentuknya Ikatan Keluarga Alumni STPI Bina Insan Mulia, kegiatan temu alumni ini mulai sering dilakukan. Bahkan dengan momentum acara CADAS MANIS yang bertema Sinergi Keluarga Alumni dan Pendidikan Indonesia, mulai menemukan formatnya. Pada rangkaian acara Milad STPI yang ke 26 ini IKAS (Ikatan Keluarga Alumni STPI Bina Insan Mulia) membuka lembaran baru temu alumni bernama CADAS MANIS #1.

Menurut Pengurus IKAS sekaligus koordinator kegiatan CADAS MANIS, Nia Kurniasari, kegiatan ini dimaksudkan untuk menjalin silaturrahmi antar alumni STPI Bina Insan Mulia dan bersinergi menyatukan potensi, bakat, talenta untuk kemajuan bersama antar alumni. Alumni merupakan aset almamater (kampus) yang harus dirawat dan dijaga untuk kemajuan kampus dan alumni itu sendiri. Dalam sambutan dan motivasi dari Ketua STPI Bina Insan Mulia Bapak Setyoadi Purwanto S.Pd., M.Pd.I, sekaligus pencetus nama Cadas Manis menyampaikan makna dan filosofi kata Cadas Manis. Cadas artinya batu yang keras. Sedangkan Manis, artinya indah. Itulah filosofi seorang pemimpin sejati, yaitu orang yang menikmati manisnya perjuangan. Alumni STPI memiliki ruh pejuang sejati yang senantiasa menikmati manisnya kesulitan. Sedangkan secara tekstual, Cadas Manis merupakan singkatan dari Bincang Cerdas (cadas) dan Manfaat alumni STPI (manis). Diharapkan, para alumni ini menjadi orang yang sholeh dan jadi pemimpin. Seperti dalam doa, ada kata ‘lil muttaqiina imama’ artinya pemimpin orang-orang yang bertaqwa. Pak Setyoadi Purwanto memberikan closing statement bahwa hal yang besar tidak selalu besar. Maka mulailah dari yang kecil tapi memberikan manfaat. Dengan acara Cadas Manis #1 ini dan semoga berlanjut ke Cadas Manis #2, #3, dan seterusnya semoga menjadi manfaat bagi para alumni STPI Bina Insan Mulia.

Acara Cadas Manis #1 ini dimoderatori oleh Nia Kurniasari, S.Pd. M.Pd (alumni STPI tahun 2016) dan disampaikan materi oleh 3 alumni yang luar biasa yaitu Ibu Parjiyem, S.Pd (Kak Ipang) (alumni STPI tahun 2018), Anas Rangga Buana, S.Pd., M.Pd., (alumni STPI tahun 2017) dan Zidni Ilma Nafi’a, S.Pd., S.Kom (alumni tahun 2017). Pembicara pertama yaitu Kak Ipang (Bu Parjiyem) adalah alumni yang juga aktifis PAUD, TPA dan memiliki bakat mendongeng (pencerita anak) ini menyampaikan bahwa alumni adalah harta Perguruan Tinggi yang disebar di Nusantara. Alumni adalah duta kampus yang sebenarnya. STPI adalah kampus yang luar biasa menghasilkan alumni yang luar biasa. Beliau mengajak para alumni untuk terus berkarya, berprestasi di segala bidang, dan bersinergi bersama menyatukan potensi. Closing statement Kak Ipang adalah prestasi sesungguhnya adalah prestasi kecil yang bisa dinikmati banyak orang.

Pembicara kedua yaitu Mas Anas (Anas Rangga Buana) menyampaikan bahwa ada sebagian dari alumni yang bakat di bidang tertentu, ada juga yang tidak menguasai di salah satu bidang. Sebaiknya memang dari alumni ada yang sharing berbagi ilmu, belajar kepada yang memiliki keahlian di bidangnya. Sekarang zamannya digital. Oleh karena itu para alumni, pendidik, akademisi hendaknya meng-upgrade diri dalam bidang digital literasi. Jangan sampai kurang atau tertinggal dengan teknologi digital. Kemampuan mengakses literasi digital perlu ditingkatkan. Melalui wadah alumni ini, para alumni bisa bersinergi, saling belajar. InsyaAllah dengan terus belajar, akan menemukan solusinya.
Pembicara ketiga yaitu Mbak Ilma (Zidni Ilma Nafi’a), menyampaikan bahwa para alumni bersinergi untuk saling ta’awun (tolong menolong) melalui suatu wadah alumni. Para alumni bisa bersilaturrahmi ke rumah alumni lainnya atau ke lembaga TK/RA dari alumni. Alumni bisa saling membantu misal dalam bidang administrasi atau akreditasi sekolah. Para alumni bisa membantu di RA/TK dari alumni yang membutuhkan bantuan. Dari swadaya para alumni, kegiatan apapun bisa jalan meskipun mulai dari yang sederhana. Harapan ke depan, alumni bisa menggerakkan khususnya bidang pendidikan, enterpreneur, bisnis optimis berkembang. Semoga semangat ini terus berhembus. Yang hadir dapat mempengaruhi teman yang bergabung. Alumni membentuk ikatan, misal dengan membuat kartu alumni dan menggalang dana untuk mengisi kas untuk kegiatan alumni. Semoga program ini dapat direalisasikan dengan dukungan dari para alumni.

Kegiatan yang berlangsung hari Sabtu, 23 Oktober 2021 dari jam 13.00 hingga jam 14.30 WIB diselenggarakan di Aula STPI Bina Insan Mulia Yogyakarta yang berlokasi di Prayan Condong Catur Depok Sleman ini berlangsung cukup seru dan penuh keakraban. Tak kurang dari 50 peserta yang tergabung baik secara offline dan online (via zoom) mengikuti acara ini. Dihadiri pula secara langsung para dosen senior Ibu Dr. Umi Faizah, S.Ag. M.Pd., Ibu Dra Shomiyatun, M.Pd.I, Bapak Dr. H. Fuad Arif Noor, S.Ag. M.Pd, dan secara online, Ibu zubaedah Nasucha, M.A, Ibu Ihda Ayunil Khotimah, S.Ag., M.Pd dan para civitas akademika. Para alumni yang hadir secara langsung merasa bahagia dan senang dapat bertemu dengan teman-teman alumni dan para dosen yang selalu dirindukan. Hadir pula rombongan alumni dari Gunung Kidul yang senantiasa kompak untuk bersama-sama menghadiri acara tersebut. Di sesi akhir acara Pak Adi mengajak para alumni untuk berfoto, dan mengunjungi studio Podcast STPI serta beberapa sudut kampus yang semakin berkembang dan tertata dengan asri dan indah. [nia]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *