STPI Bina Insan Mulia Yogyakarta kembali mengirimkan salah satu mahasiswanya, yaitu Muzzammil untuk mengikuti Lomba Inovasi Media Pembelajaran tingkat nasional yang diselenggarakan oleh IAIN Ponorogo. Kompetisi tersebut mengusung tema “Revitalisasi Motivasi Insan Mulia dalam Mengaktualisasikan Kreativitas Diri”. Lomba dilaksanakan pada 20 November 2021 dan diikuti oleh puluhan perguruan tinggi dari seluruh Indonesia.

Pada lomba tersebut, Muzzammil membuat sebuah video pembelajaran yang di dalamnya berisi tentang penjelasan sebuah aplikasi yang ia ciptakan sendiri dan diberi nama BISAAJA. Aplikasi tersebut berkaitan dengan Aksara Jawa. Di dalamnya ada beberapa menu, di antaranya Aksara Legena, Sandhangan Swara, Cara Menulis dan Latihan Soal. Muzzammil menuturkan bahwa terdapat beberapa tujuan dalam pembuatan video pembelajarannya, di antaranya agar peserta didik bisa melafalkan Aksara Jawa dengan benar, menghafalkan Aksara Jawa, dapat menuliskan Aksara Jawa, dapat mengetahui sandhangan Aksara Jawa, dan agar peserta didik lebih bersemangat dalam belajar Bahasa Jawa.

Aplikasi tersebut merupakan produk skripsinya, meskipun saat ini skripsinya belum selesai namun ia mencoba menantang dirinya untuk mengikutkan karyanya dalam perlombaan tersebut. Alhamdulillah ia berhasil meraih juara 3. Ia membuktikan bahwa STPI Bina Insan Mulia benar-benar kampus guru kreatif Indonesia yang mampu membekali para mahasiswanya agar mampu berinovasi dalam menjawab kebutuhan zaman.

Muzzammil menuturkan bahwa Bahasa Jawa saat ini seperti menjadi bahasa asing dibandingkan bahasa asing itu sendiri. Kesan bahwa Bahasa Jawab sulit dipelajari dan tidak menarik ingin ia bantah. “Saya ingin menciptakan aplikasi tentang Aksara Jawa agar peserta didik lebih tertarik dalam pembelajaran Bahasa Jawa”, Kata Muzzammil. “Supaya tertanam mindset bahwa pembelajaran Bahasa Jawa ternyata menarik dan menyenangkan”, Ungkapnya. Ia juga bersemangat mengikuti perlombaan ini karena berharap menjadi poin tersendiri saat ujian munaqosyah skripsinya. “Saya juga berharap nanti ada poin jika nanti jadi juara, hehe”, Imbuhnya.