Pada rapat koordinasi bulanan STPI BIM Yogyakarta yang dilaksanakan hari selasa tanggal 08 bulan Februari tahun 2022 kali ini mengangkat tema “Kebiasaan.” Rapat koordinasi di STPI BIM adalah salah satu bentuk koordinasi antar elemen kampus guna mencapai tujuan bersama yang hendak dicapai. Rapat koordinasi bulanan di STPI BIM memang rutin dilaksanakan setiap satu bulan sekali, tepatnya setiap hari selasa di awal bulan.  Pada rapat kali ini dihadiri oleh para pimpinan, ketua prodi, LPMI, ketua LPPM, direktur QLC, ketua jurnal, kepala bagian, staff perpustakaan, staff keuangan, staff administrasi umum, dan staff mahasiswa magang.

Suasana Rapat

Dalam kata sambutannya, ketua STPI BIM Yogyakarta, Bapak Setyoadi Purwanto, S.Pd., M.Pd.I., memberikan motivasi yang mengutip tulisan seorang penulis yang sangat terkenal bernama Stephen Covey yang berjudul ‘seven habbit’ yang kemudian menjadi ‘eigh habbit’, bahwa sangat perlu untuk melakukan kebiasaan-kebiasaan positif untuk kemajuan kampus, diantaranya: 1) kebiasaan proaktif, 2) mencanangkan sesuatu dari target akhir, 3) mendahulukan yang utama, 4) berpikir menang, 5) berusaha mengerti orang lain terlebih dahulu, kemudian dimengerti, 6) saling bersinergi, 7) mengasah ‘gergaji’ yang kita miliki, dan 8) menggali dan menemukan potensi diri. Selain itu, Abdullah Nasih Ulwan berpendapat bahwa metode yang digunakan dalam pendidikan yaitu pertama dengan keteladanan, kedua dengan kebiasaan, ketiga dengan nasihat, keempat dengan memberikan perhatian, dan kelima dengan memberikan hukuman.

Selain itu, ketua STPI BIM juga menyapaikan bahwa saat ini kita sangat perlu untuk bersinergi dengan kampus lain dalam banyak hal, menyelanggarakan program bersama, guna menaikkan grade akreditasi kampus. Untuk itu perlu adanya komunikasi antar perguruan tinggi membahas mengenai program yang memungkinkan untuk dilaksanakan bersama sehingga scope-nya bisa menjadi lebih luas. Selain itu juga sangat perting untuk mengoptimalkan peran mahasiswa guna mendukung aktifitas kampus. Pembahasan ini beliau sampaikan setelah sebelumnya ikut menghadiri forum silaturahmi dan koordinasi PPIAUD DIY Jateng yang diselenggarakan di Purwokerto.

Rapat belangsung kurang lebih selama 3 jam dengan teknis setiap bidang menyapaikan program apa yang hendak dilakukan pada bulan Februari, kemudian bidang lain memberikan tanggapan berupa pertanyaan, saran, serta koordinasi mengenai waktu pelaksanaannya sehingga nantinya tidak berbarengan dengan bidang yang lain. (Rofi)

Similar Posts