Chofsatun atau akrab dipanggil Kak Ocha adalah salah satu mahasiswa Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) di Kampus Guru Kreatif Indonesia, Sekolah Tinggi Pendidikan Islam (STPI) Bina Insan Mulia Yogyakarta yang saat ini sedang menyusun skripsi. Pada sebuah kesempatan ia mengikuti lomba dalam rangka “Haflah 1st PIAUD on the 8th Milad UIN SUSKA Riau Enjoyed with National and International Competition”.

Pada lomba tersebut, Kak Ocha membuat sebuah video kreatif dan inovatif tentang cara mengajarkan anak-anak agar lebih menyenangkan dan tidak lekas bosan dalam belajar. Video tersebut memuat materi Tema Negaraku, Subtema Makanan Tradisional. Sekilas tema dan subtema tersebut tampak berat dan mungkin kurang menyenangkan bagian sebagian anak, namun melalui video yang dibuat oleh Kak Ocha dapat dipastikan anak-anak akan tertarik dan tidak bosan dalam mengikuti pembelajaran.

Bagian yang paling menarik pada video tersebut adalah adanya inovasi pembelajaran Anak Usia Dini dengan karya sendiri menggunakan aplikasi android yang diberi nama MANTRA atau singkatan dari Makanan Tradisional. Ketika aplikasi tersebut sudah diunduh di smartphone, maka akan muncul berbagai pilihan menu berupa tombol interaktif. Apabila pengguna ingin mengetahui pengertian MANTRA maka tinggal pencet tombol pengertian, jika ingin mengetahui jenis-jenis makanan tradisional di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pengguna tinggal pencet tombol MANTRA DIY, jika ingin ada nuansa permainan bisa pencet tombol PERMAINAN MANTRA, dan menu-menu seru lainnya.

Perlombaan yang diselenggarakan oleh UIN Sultan Syarif Kasim Simpang Baru, Tampan, Pekanbaru berhasil ditaklukkan oleh kak Ocha dengan meraih Juara Harapan I setelah menyingkirkan banyak peserta lomba lainnya yang tersebar di berbagai kampus nasional maupun internasional. Ia merasa sanbat bersyukur atas torehan prestasi yang diraihnya dan berharap menginspirasi mahasiswa lainnya di STPI Bina Insan Mulia Yogyakarta untuk lebih berprestasi. “Saya bersyukur mendapat Juara Harapan I pada perlombaan tersebut, sungguh tidak disangka. Saya berharap prestasi ini bermanfaat bagi kampus saya dan bisa menginspirasi mahasiswa lainnya” Katanya.

Pihak STPI Bina Insan Mulia Yogyakarta juga memberikan apresiasi kepada Kak Ocha atas prestasinya. “Kami sangat support mahasiswa kami untuk terus berprestasi, baik pada tingkat lokal, nasional maupun internasional” Kata Dr. H. Fu’ad Arif Noor, S.Ag., M.Pd., wakil ketua II bagian kemahasiswaan.

Selanjutnya, untuk bisa mempraktikkan cara kerja dan manfaat aplikasi yang dibuat Kak Ocha, kita bisa mengunduhnya melalui link berikut: https://drive.google.com/file/d/13WN-P1wTS7OdhJQl4MP3MZ8n87mOXVyf/view?usp=drivesdk dan untuk menyimak bagaimana video pembelajaran yang dibuat Kak Ocha bisa klik link berikut: https://www.youtube.com/watch?v=Z8gAb4oZGMM

Sebagai informasi bahwa STPI Bina Insan Mulia Yogyakarta telah membuka pendaftaran calon mahasiswa baru Tahun Akademik 2022/2023. Informasi lebih lanjut bisa klik link berikut: https://stpi-bim.ac.id/pmb/ (safii).

Similar Posts