STPI Bina Insan Mulia Yogyakarta kembali menggelar kegiatan kreatif berupa Lomba Karya Tulis Kreatif #2 Nasional Tingkat SMA/MA Sederajat. Lomba ini mengusung tema “Ramadhan Terbaikku”. Lomba ini bertujuan mewadahi para pecinta karya tulis usia menengah atas (SMA sederajat) agar mereka semakin giat mengasah kemampuannya dan terus berprestasi meskipun sedang menjalani ibadah puasa. Justru ketika perlombaan ini dilaksanakan di Bulan Suci Ramadhan diharapkan peserta semakin menjiwai apa yang ditulisnya.

Tampilan Poster Lomba

Lomba yang diselenggarakn murni secara vrtual ini mulai dibuka sejak 3 April 2022 atau awal puasa dan ditutup pada 2 Mei 2022 atau hari terakhir puasa. Selama satu bulan peserta dipersilahkan untuk membuat karya tulis kreatif dan mengirimkannya kepada panitia penyelenggara melalui link yang sudah ditentukan.

Mengingat cukup banyak peserta yang masuk sehingga penjurian dilakukan selama satu pekan yakni 3-7 Mei 2022 agar panitia dan juri memiliki waktu yang cukup untuk melakukan penilaian, kemudian pengumuman juara diinformasikan pada 8 mei 2022.  

Karya tulis yang dikirim oleh para peserta bersifat artikel, bukan makalah formal. Hal ini untuk memberikan ruang bagi para peserta untuk berkreasi dengan tulisannya dengan bahasa yang lebih renyah dan milenial. Beberapa karya tulis terbaik akan dibukukan oleh panitia kemudian diberikan kepada semua peserta. Tentu akan lebih ringan dan nyaman dibaca oleh khalayak apabila tulisannya dikemas dengan renyah ala anak-anak SMA/MA.

Panitia memberikan apresiasi yang tinggi kepada para peserta atas upaya yang dilakukan untuk membuat karya tulis terbaik pada ajang perlombaan ini. Panitia juga mengucapkan selamat kepada para juara atas capaiannya prestasinya. “Kami mewakili panitia mengucapkan selamat kepada para juara atas prestasi yang sudah diraih”, Kata Ahmad Safi’i, M.Pd.I, selaku ketua panitia. “Semoga para peserta tetap bisa menjaga prestasinya dan terus berpretasi pada ajang-ajang perlombaan berikutnya”, pungkasnya.

Perwakilan dari pihak dewan juri juga memberikan penghargaan tinggi kepada para peserta. Dewan juri dibuat bingung untuk menentukan siapa juaranya. “Kami bingung dalam menentukan siapa juaranya karena semua karya yang kami nilai bagus-bagus” Kata Dhiarti Tejaningrum, S.Psi., M.Pd.I., ketua dewan juri pada lomba tersebut. “Namun kami harus tetap memberi keputusan siapa yang ada di urutan pertama, kedua dan ketiga” Ujarnya.

Beirkut adalah nama-nama para juara Lomba Karya Tulis Kreatif #2 Nasional Tingkat SMA?MA Sederajat yang diselenggarakan oleh STPI Bina Insan Mulia Yogyakarta: Juara 1 Daffa Putera Tyan Adinata dari MAN 1 Yogyakarta, Juara 2 Septiana Ramadhani dari MAN 4 Bantul, dan Juara 3 Ichsan Kamil Fahlevi dari SMA Negeri 1 Banguntapan.

Poster Pengumuman Juara

Sebagai informasi, bahwa STPI Bina Insan Mulia Yogyakarta telah membuka penerimaan calon mahasiswa baru tahun akademik 2022/2023 dengan berbagai jenis beasiswa menarik. Informasi lebih lanjut bisa menghubungi nomor WA 089501399000 atau klik link berikut: https://stpi-bim.ac.id/pmb/

Similar Posts