Halal Bihalal merupakan kegiatan yang sudah menjadi tradisi di Indonesia yang digelar selama Bulan Syawwal. Pelaksanaannya bervariatif, kadang di awal bulan, pertengahan maupun akhir bulan, tergantung kesiapan penyelenggara. Umumnya kegiatan tersebut digelar oleh pengurus masyarakat, takmir masjid, lembaga pendidikan, atau instansi-instansi lainnya. Spirit kegiatan tersebut adalah saling meminta dan memberi maaf, saling mengikhlaskan kekhilafan satu dengan yang lainnya.

Tepat pada hari Sabtu, 28 Mei 2022 Yayasan Silaturrahim Pecinta Anak (SPA) Indonesia juga menggelar kegiatan halal bihalal. Kegiatan tersebut diselenggarakan di Aula STPI Bina Insan Mulia Yogyakarta yang dihadiri secara terbatas oleh pengurus yayasan dan juga perwakilan dari berbagai unit lembaga yang dinaungi oleh Yayasan SPA Indonesia. Pembatasan peserta dilakukan tidak lain dan tidak bukan adalah dalam rangka mencegah penyebaran virus corona. Namun demikian, acara tersebut juga bisa disimak secara daring (live) di YouTube Yayasan SPA Indonesia. Sehingga berbagai unit yang ada di luar kota dan bahkan luar pulau tetap bisa mengikuti.

Acara dipandu oleh dua host handal yang sudah tidak asing lagi di kalangan dunia pendidikan, yaitu Kak Wuntat dan Kak Muksin. Acara dimulai pukul 08.30 – 11.00 WIB. Pembacaan kalam Ilahi dilantunkan oleh Ustadz Yayan Asliansyah, S.Pd., dari SDIT Salsabila 2 Klaseman, dilanjutkan sambutan oleh Dr. Ali mahmudi, M.Pd., selaku ketua umum Yayasan SPA Indonesia, kemudian menyanyikan lagu Indonesia raya.

Pada acara tersebut juga dimeriahkan oleh Mas Pandan, seorang pianis yang sudah mumpuni di bidangnya. Juga diiringi oleh nyanyian lagu-demi lagu oleh Mas Nanda, salah seorang dosen Seni di STPI Bina Insan Mulia Yogyakarta. Di belakang layar terdapat tim media yang handal dari SDIT Salsabila 3 Banguntapan yang menjaga kesuksesan detik demi detik, menit demi menit, hingga acara bisa berjalan secara lancar dari awal sampai akhir.

Terdapat hal spesial pada acara halal bihalal tahun ini karena ada launching lagu Mars SPA Indonesia karya Kak Adi Kitana. Lebih dari 500 lagu yang telah beliau ciptakan, termasuk salah satu tepuk legendaris yang sering kita dengar di TPA-TPA atau tempat mengaji di anak di sekitar kita, yaitu tepuk anak sholeh. Lagu mars yang beliau ciptakan untuk Yayasan SPA Indonesia mampu mengaduk suasana hati para pegiat yayasan di semua unsur, dan bahkan bagi mereka yang mungkin tidak terlibat secara langsung di sana. Sebuah mars yang sempurna untuk Yayasan SPA Indonesia.

Acara Halal Bihalal ini juga menyisipkan SPA Awards 2022, di mana dipilih beberapa orang yang memiliki kehebatan dan memberikan kemajuan pada yayasan dan masyarakat. Terdapat dua sosok hebat yang dipilih oleh yayasan, yakni Ihda A’yunil Khotimah, S.Ag., M.Pd., dari STPI Bina Insan Mulia Yogyakarta dan Ika Widya Kusuma, S.Pd., dari SDIT Salsabila 6 Magetan.

Salah satu acara inti pada Halal Bihalal tersebut adalah motivasi dari Ketua Dewan Pembina yakni dr. H. Khoiruddin bashori, M.Si. Selalu ada inpirasi yang bisa didapatkan saat menyimak tuturan beliau. Setiap kata dan kalimat yang begitu sampaikan selalu bisa menyejukkan hati, menggugah fikir, sehingga membangunkan jiwa raga untuk menjadi manusia yang labih baik. Di antara pesan penting yang beliau sampaikan adalah agar seluruh pegiat Yayasan SPA Indonesia selalu menjaga semangat silaturrahim. “Nama yayasan kita adalah silarurrahim, artinya kita harus menjaga silaturrahim kita” Kata beliau. “Silaturrahim dalam Bahasa Indonesia diterjemahkan sebagai tali persaudaraan. Hanya tali yang panjang yang mudah dirajut dengan tali lainnya” Jelas beliau. Beliau memberikan pesan agar pegiat SPA Indonesia tetap menjadi manusia-manusia yang “bertali panjang”. Dan hal itu bisa dilakukan dengan mengamalkan spirit pada QS. Ali Imran 133-134. Beliau mengakhiri acara ini dengan membacakan doa untuk kebaikan bersama.

Similar Posts