Mahasiswa STPI Bina Insan Mulia Yogyakarta kembali raih juara 1 pada ajang Lomba Video Pembelajaran. Ia adalah Chofsatun yang biasa dipanggil Kak Ocha, mahasiswa Program Studi PIAUD. Perlombaan yang bertajuk SEMARIA atau Semarak PIAUD Ceria Indonesia tahun 2022 ini digelar oleh HMPS PIAUD UIN Sunan Kalijaga dan dibuka secara nasional.

Pada lomba tersebut Kak Ocha membuat video pembelajaran dengan tema Lingkunganku dan mengambil sub tema Rumahku. Bagian menariknya adalah pada materi tersebut Kak Ocha mengemasnya dalam bentuk permainan yang sudah diwujudkan dalam bentuk aplikasi yang bisa diinstall di smartphone dan dimainkan di sana. Aplikasi yang diberi nama RUMAHKU ini didesain sedemikian rupa agar menarik dan tidak membuat bosan anak dalam belajar.

Menu yang ditampilkan pada aplikasi tersebut cukup bagus untuk kebutuhan anak usia dini. Ketika aplikasi sudah diinstall, untuk mulai menggunakannya bisa diketik tulisan tombol merah yang bertuliskan PLAY. Kemudian anak akan diperlihatkan gambar rumah dengan rulisan abjad R U M A H yang bisa berbunyi sesuai nama abjadnya saat dipencet. Saat dipencet tombol MENU yang berwarna biru, akan muncul tiga tombol lagi yang berisi Bagian Rumah, Ruang Rumah, dan Permainan. Semua didesain dengan rapi untuk memenuhi kebutuhan pembelajaran anak usia dini.

Menurut Kak Ocha, produk video ini merupakan inovasi pembelajaran sesuai dengan perkembangan zaman di era digital. “Video pembelajaran ini merupakan bentuk inovasi metode pembelajaran untuk anak-anak agar lebih mengasyikkan dan anak tidak merasa bosan dalam belajar, anak juga akan lebih mudah memahami yang disampaikan karena menggunakan media yang mengikuti perkembangan zaman.” Tulisnya dalam deskripsi YouTube video tersebut. “dan video ini dibuat untuk mengikuti lomba dalam rangka semarak PIAUD Ceria Indonesia (SEMARIA) 2022 UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta” Lanjutnya.

Sebagai kampus yang memliki jargon kampus Guru Kreatif Indonesia, STPI Bina Insan Mulia terus mendorong mahasiswanya untuk mengikuti ajang kompetisi kreatifitas guna membuktikan kemampuannya. Alhasil, Kak Ocha meraih Juara 1 pada perlombaan tersebut. Tidak hanya berhenti di situ, STPI BIM juga memberikan apresiasi kepada seluruh mahasiswanya setelah mereka meraih juara. “Kami sediakan apresiasi uang pembinaan kepada siapapun mahasiswa yang telah berhasil meraih juara 1, 2 atau 3 di perlombaan yang diikutinya” Kata Dr. H. Fu’ad Arif Noor, S.Ag., M.Pd., wakil ketua 2 Bidang Administrasi dan Kemahasiswaan. Dukungan juga datang dari semua civitas akademika  STPI BIM, salah satunya adalah dari Dr. Umi Faizah, S.Ag., M.Pd., wakil ketua I bidang akademik dan kerjasama. “Semangat Kak Ocha. Kreativitasnya sesuai kebutuhan jaman. Good luck… (diiringi emotocin love)” tulis beliau dalam kolom komentar YouTube.

Untuk melihat video pembelajaran Kak Ocha bisa klik link berikut: https://www.youtube.com/watch?v=SCUHpipEEQk

Untuk mendownload aplikasinya bisa klik link berikut: https://drive.google.com/file/d/1-jt10CKSdZuLmuRspBzw_Wqzkw9kPf_i/view?usp=drivesdk

Similar Posts