Salah satu agenda lanjutan dari perayaan milad, maulid dan sumpah kebangkitan STPI BIM Yogyakarta tahun 2022 yaitu khataman Al-Qur’an. Kegiatan ini diagendakan dan dilaksanakan pada hari Jum’at tanggal 7 Oktober 2022 pukul 15.00 – 19.30 WIB di Aula RUA Zaenal Fanani. Dalam pelaksanaannya, khataman Al-Qur’an diikuti oleh dosen, mahasiswa dan juga mengundang anak-anak dari yayasan Al-Islam Yogyakarta.

Suasana Khataman Al-Qur’an

Kegiatan ini selain sebagai salah satu agenda milad, maulid dan sumpah kebangkitan, juga sebenarnya sebagai pengganti untuk kegiatan rutin yang dilakukan di STPI yaitu Al-Kahfi. Al-Kahfi yaitu kegiatan membaca surah Al-Kahfi yang dilakukan oleh para dosen, karyawan dan mahasiswa sebagai salah satu pendekatan spiritual yang dilakukan di kampus STPI sebagai kampus guru kreatif yang bernafaskan Islam. Pendekatan spiritual sangat penting dilakukan sebagai seorang yang beriman, untuk meyeimbangkan antara usaha lahir dan batin. Ketika semua usaha lahir dan batin sudah diupayakan dengan maksimal, maka setelahnya dikembalikan kepada Allah SWT. Adapun hasil yang akan didapat maka itulah yang terbaik untuk saat itu.

Selain khataman Al-Qur’an, dalam kegiatan ini juga dilaksanakan do’a bersama dan shalat hajad untuk kampus STPI BIM bersama seluruh dosen, karyawan, mahasiswa serta anak-anak dari yayasan Al-Islam. Kegiatan dimulai dengan shalat ashar berjamaah, kemudian dilanjut dengan khataman Al-Qur’an hingga 2 kali khatam dan doa bersama, kemudian makan bersama sebelum shalat magrib berjamaah, selanjutnya kuliah tujuh menit oleh ketua STPI BIM, dan diakhiri dengan shalat isya’ berjamaah dan shalat hajad. (rofi).

Flyer Kegiatan Khataman

Similar Posts