STPI BIM

Dosen STPI Bina Insan Mulia Yogyakarta Mengikuti TOT Penguatan Moderasi Beragama

Event, Pendidikan, Penguat Jiwa, Profesional

Dr. H. Fu’ad Arif Noor, S.Ag., M.Pd. merupakan salah satu dosen STPI Bina Insan Mulia Yogyakarta yang mengikuti TOT Penguatan Moderasi Beragama yang digelar UIN Gus Dur Pekalongan di Hotel Santika pada Senin, 27 November 2023 hingga Minggu 3 Desember 2023. Kegiatan ini merupakan kolaborasi LPDP dan Direktorat Pendidikan Keagamaan Islam (Diktis) Kementerian Agama Republik Indonesia. Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kelembagaan UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Turut Hadir juga Ketua LP2M UIN K.H Abdurrahman Wahid Pekalongan Prof Dr. Imam Kanafi M.Ag.

Poin penting dari penguatan Moderasi Beragama ini yakni pada ranah esensi yaitu adanya tujuan yang sama, kemudian moderasai beragama sebagai titik tumpu pada keseimbangan keadilan. Tujuan akhir dari penguatan moderasi beragama adalah terbangunnya martabat kemanusiaan yang mengedepankan asas keadilan. Sementara, dalam kesempatan yang sama, Kepala Pusat Moderasi Beragama UIN Gus Dur Pekalongan Dr. Nanang Hasan Susanto, selaku Ketua Panitia mengatakan bahwa program penguatan moderasi beragama merupakan agenda penting di Indonesia. Indonesia sebagai negara yang masyarakatnya plural di satu sisi dan di sisi yang lain kental dengan religiusitas tentu masyarakat Indonesia mau tidak mau harus memiliki pandangan keagamaan yang moderat di mana isu agama merupakan isu yang sensitif.

“Program penguatan moderasi agama harus dilakukan melalui kerja sama dengan berbagai pihak. Kegiatan TOT yang dilaksanakan melalui kerja sama dengan LPDP dan Diktis Kemenag Republik Indonsia ini, merupakan salah satu perwujudan kerja sama tersebut,’ tutur Nanang. (WM)

 

Tags :
Event, Pendidikan, Penguat Jiwa, Profesional
Share This :

Recent Posts

Have Any Question?

Informasi lebih lanjut mengenai STPI Bina Insan Mulia Yogyakarta bisa melalui media berikut: