STPI BIM

PMB

Selamat Datang

Calon Mahasiswa Baru STPI Bina Insan Mulia Yogyakarta

Silahkan pilih jalur pendaftaran Anda!

STPI Bina Insan Mulia Yogyakarta memiliki Prodi PIAUD dan PGMI, masing-masing membuka jalur pendaftaran reguler dan non-reguler. Jalur reguler ditempuh tanpa syarat khusus, sedangkan jalur non-reguler memeiliki syarat-syarat khusus. Jalur non-reguler meliputi jalur beasiswa KIP-Kuliah dan selain KIP-Kuliah serta jalur linierisasi dan ekstensi. Untuk mengetahui informasi lebih lanjut bisa klik tombol-tombol yang tersedia pada setiap jalur pendafatran yang ada di bawah ini:

REGULER

Pendaftaran jalur reguler Prodi PIAUD atau PGMI bisa klik tombol merah berikut:

BEASISWA KIP

Pendaftaran jalur beasiswa KIP-Kuliah bisa klik tombol hijau berikut:

BEASISWA LAIN

Pendaftaran jalur beasiswa selain KIP bisa klik tombol biru di berikut:

LINIERISASI & EKSTENSI

Pendaftaran jalur linierisasi dan ekstensi bisa klik tombol kuning berikut:

Tanya jawab yang sering muncul.

STPI Bina Insan Mulia Yogyakarta memiliki pengalaman lebih dari 28 tahun dalam menghasilkan guru-guru AUD dan MI yang kreatif. Alumninya tersebar di penjuru negeri. Setiap kejuaraan pada lomba kreativitas pada tingkat lokal maupun nasional, mereka seperti reuni, karena yang meraih juara adalah para alumni STPI BIM.

STPI memiliki prinsip 3M dlam melayani mahasiswa, yaitu Murah, Mudah dan Mutu. Semua bisa kuliah di STPI dengan biaya yang jauh lebih terjangkau. Semua proses dari daftar sampai wisuda dilakukan dengan cara-cara mudah. Mutu pembelajaran dan alumni sudah teruji di berbagai kompetisi. Bahkan tahun 2023 STPI meraih juara 3 pada lomba Desain Grafis tingkat internasional.

STPI Bina Insan Mulia terletak di Condongcatur Depok Sleman Yogyakarta, lebih tepatnya di Jalan Gejayan (Jl. Affandi). Condongcatur adalah wilayah yang sangat strategis, dekat Kota Yogyakarta, dekat rumah sakit (RSCC, RS Sardjito, RS Panti Rapih, RS Bethesda, dll), dekat mall atau super market (Pakuwon Mall, Ambarukmo Plaza, dll), dekat ringroad utara, dekat Malioboro, dan public place lainnya. 

STPI Bina Insan Mulia Yogyakarta memang belum sebesar kampus-kampus sekitarnya, misalnya UGM, UNY, UIN Sunan Kalijaga, dan lain-lainnya. Namun fasilitas perkuliahan sudah cukup memadai untuk menunjang efektifitas perkuliahan, di antaranya ruang kuliah yang nyaman, ruang perpustakaan dan pustaka digital, laboratorium kreativitas, ruang podcast, asrama mahasiswa, aula pertemuan, ruang diskusi mahasiswa, musholla, lapangan, parkir dan fasilitas penunjang belajar lainnya.

  1. Transfer biaya pendaftaran sebesar Rp.200.000,- ke rekening STPI Bina Insan Mulia. Rekening Bank Mandiri: 137-00-1677721-7
  2. Upload struk bukti transfer melalui google form (klik tombol daftar).
  3. Upload foto diri, bebas sopan. 
  4. Mengisi data diri singkat melalui google form (klik tombol daftar). 
  5. Bergabung pada group WhatsApp calon mahasiswa baru yang linknya tersedia di akhir pengisian google form. 

Ada. Kuliah linieritas yang memiliki basic pendidikan ditempuh selama 1,5 tahun, sedangkan yang tidak memiliki basic pendidikan ditempuh selama 2 tahun. Adapun perkuliahan ekstensi dilaksanakan setiap akhir pekan, Sabtu dan Ahad. 

Setiap mata kuliah telah didesain sedemikian rupa oleh dosen pengampunya guna mencapai tujuan perkuliahan. Pelaksanaannya kadang online, kadang offline, tergantung jenis mata kuliah dan dosen pengampunya.

  • Biaya pendaftaran sebesar Rp.200.000,-
  • Biaya Her-registrasi awal sebesar Rp.950.000,-
  • SPP per semester sebesar Rp.1.800.000,- atau Rp.300.000,- (per bulan).
  • Biaya pengembangan institusi sebesar Rp.3.000.000,- (bisa di angsur sepanjang kuliah).
  • Biaya PPL-KKN Integratif sebesar Rp.800.000,-
  • Biaya munaqosyah/pendadaran sebesar Rp.600.000,-
  • Sumbangan perpustakaan sebesar Rp.100.000,- (1x selama kuliah).
  • Biaya wisuda sebesar Rp.1.500.000,- 

Ada banyak beasiswa yang disediakan oleh STPI BIM, di antaranya adalah beasiswa KIP-Kuliah, beasiswa super unggul, beasiswa guru ngaji, beasiswa tahfidz, beasiswa panti/pesantren, dan beasiswa peningkatan prestasi akademik (BPPA).

Masing-masing jenis beasiswa memiliki syarat umum dan khusus. Syarat umum di antaranya: (1) Membayar biaya pendafataran sebesar Rp.200.000,-, (2) Upload struk bukti transfer, (3) Upload foto diri, (4) Bergabung di group WhatsApp.

Adapun syarat-syarat khusus, tergantung jenis beasiswanya. Beasiswa KIP memiliki syarat khusus yaitu: (1) Lulus terhitung 3 tahun terakhir sejak tahun ajaran baru, (2). Mengisi Nomer Induk Siswa Nasional (NISN) di google form, (3) Mengisi Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) di google form. (4) Mengisi Nomor Induk Kependudukan (NIK) di google form, (5) Upload bukti keterbatasan ekonomi, misalnya Kartu Indonesia Pintar (KIP), Kartu keluarga Harapan (KKH), Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), Surat Keterangan dari Panti/Pesantren, atau surat keterangan tidak mampu.

Adapun syarat-syarat khusus untuk beasiswa super unggul di antaranya: (1) Memiliki peringkat 1-5 selama sekolah dibuktikan dengan raport, (2) Surat rekomendasi dari kepala sekolah, (3) Sertifikat pendukung. 

Adapun syarat-syarat khusus beasiswa guru ngaji adalah: (1) Aktif mengajar sebagai pengelola TPA/madin, (2) Surat rekomendasi dari ketua takmir atau atasan yang diupdate setiap tahun.

Adapun syarat-syarat khusus beasiswa tahfidz adalah: (1) Memiliki hafalan minimal 5 juz dibuktikan dengan syahadah tahfidz, (2) Melakukan observasi dengan tim Qur’an Learning Center (QLC) STPI BIM.

Adapun syarat-syarat khusus beasiswa panti/pesantren adalah: (1) Tercatat sebagai anggota panti, (2) Surat rekomendasi dari pengelola panti/pesantren.

Beasiswa KIP-Kuliah berhak mendapatkan kuliah gratis sampai lulus (4 tahun atau 8 semester). Kewajibannya harus mengikuti perkuliahan dan peraturan STPI dengan sebaik-baiknya.

Beasiswa super unggul berhak mendapatkan potongan biaya kuliah sebesar 8 jutaan rupiah. Kewajibannya harus mengikuti perkuliahan dan peraturan STPI dengan sebaik-baiknya.

Beasiswa guru ngaji berhak mendapatkan potongan biaya kuliah sebesar 5 jutaan rupiah. Kewajibannya harus mengikuti perkuliahan dan peraturan STPI dengan sebaik-baiknya.  

Beasiswa tahfidz berhak mendapatkan potongan biaya kuliah mulai dari 5 jutaan sampai dengan 17 jutaan. Kewajibannya harus mengikuti perkuliahan dan peraturan STPI dengan sebaik-baiknya. 

Beasiswa panti/pesantren akan mendapatkan gratis biaya pengembangan institusi sebesar 3 juta rupiah. Kewajibannya harus mengikuti perkuliahan dan peraturan STPI dengan sebaik-baiknya. 

Yuk Daftar sekarang juga di Kampus Guru Kreatif Indonesia!

Testimonials

5/5
Dapat belajar bersama dosen-dosen yang masyaAllah luar biasa hebatnya, dan semakin kesini serasa pengen mengulang kembali memperbaiki diri, ada rasa bahagia telah menyelesaikan studi, ada rasa kecewa karena proses studi saya ini ada kelalaian tetapi Alhamdulillah selama ini dapat mengikuti kegiatan-kegiatan kampus yang menjadi suatu kebanggan untuk saya pribadi
Hidaya
Alumni 2020/2021
5/5
Kegiatan perkuliahan yang menyenangkan. Banyak sekali ilmu dan pengalaman yang bisa kami ambil. Semoga STPI tetap menjadi kampus yang kreatif. Untuk bapak dan ibu dosen semoga sehat selalu, sukses terus, dan tetap menjadi dosen yang peduli dengan mahasiswanya. Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Usia Dini.
Muzzammil
Alumni 2020/2021
5/5
Beruntung sekali bisa belajar bersama di STPI Bina Insan Mulia Yogyakarta. Selain menambah teman juga saya bisa mengembangkan "kelebihan saya" dalam mencipta lagu untuk anak. Dan harapan saya semoga kelebihan atau bakat saya tidak pupus sampai di sini.
Mujiatun
Alumni 2020/2021
5/5
Semoga STPI BINA INSAN MULIA semakin baik dalam hal apapun. Dan terimakasih buat STPI BINA INSAN MULIA atas segala kesempatan semua yang diberikan... Kesan mendalam benar-benar saya rasakan, dosen yang humble, teman-teman yang kece... LOVE
Eva Yuliati
Alumni 2020/2021

Mari bergabung dengan kami, di Kampus Guru Kreatif Indonesia!