Sekretariat Penerimaan Mahasiswa Baru STPI Bina Insan Mulia Yogyakarta

Jl. Jembatan Merah No. 116, Prayan Kulon,

Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta, 55283.

RAGAM JALUR PMB

Pilih sesuai kebutuhan Anda.

Pendaftaran Jalur Reguler

Jalur pendaftaran reguler STPI Bina Insan Mulia Yogyakarta Gelombang II telah dibuka mulai 1 April 2024 – 30 Juli 2024. Agar lebih mudah dalam melakukan pendaftaran, sebaiknya siapkan beberapa data berikut: (1) Alamat email, (2) Prodi pilihan: PGMI/PIAUD, (3) Info dari mana mendapatkan info PMB, (4) Nama lengkap sesuai KTP, (5) Jenis kelamin, (6) Tempat lahir, (7) Tanggal lahir, (8) Alamat asal, (9) Alamat tinggal sekarang, (10) Alumni mana, (11) Nama lengkap lembaga yang meluluskan, (12) Hobi, (13) Foto struk bukti pendaftaran, dan (14) Foto bebas sopan.

Adapun syarat-syarat pendaftaran calon mahasiswa baru STPI Bina Insan Mulia Yogyakarta jalur reguler adalah sebagai berikut:

  1. Transfer biaya pendafataran sebesar Rp.200.000,- ke nomor rekening 137-00-1677721-7 di Bank Mandiri atas nama STPI Bina Insan Mulia Yogyakarta dan simpan struknya.
  2. Siapkan foto struk bukti transfer pendaftaran untuk diupload di google form.
  3. Siapkan foto bebas sopan dengan wajah yang terlihat jelas untuk diupload di google form.
  4. Mengisi seluruh pertanyaan yang ada di google form dengan jawaban yang sebenarnya.
  5. Tekan tombol kirim/submit pada google form untuk mengakhiri.
  6. Pastikan Anda bergabung di Group WhatsApp melalui tautan link yang disediakan di google form sebelum mengakhiri agar Anda mendapat info-info terbaru dari panitia.

Silahkan klik tombol di bawah ini untuk melakukan pendaftaran jalur reguler:

Pendaftaran Jalur Beasiswa KIP-Kuliah

Jalur pendaftaran Beasiswa KIP-Kuliah STPI Bina Insan Mulia Yogyakarta Gelombang II telah dibuka mulai 20 Mei 2024 – 30 Juni 2024. Agar lebih mudah dalam melakukan pendaftaran, sebaiknya siapkan beberapa data berikut: (1) Foto struk bukti pendaftaran, (2) Alamat email pendaftar, (3) Nama lengkap sesuai KTP: pastikan sudah punya KTP, (4) Tempat lahir, (5) Tanggal lahir, (6) Alamat asal, (7) Asal sekolah, (8) Tahun lulus, (9) Nomor Induk Siswa nasional atau NISN, (10) Nomor Pokok Sekolah Nasional atau NPSN, (11) Nomor Induk Kependudukan atau NIK, (12) Nomor handphone atau WhatsApp, (13) Kepemilikan bukti keterbatasan ekonomi, pilih minimal 1 dari bukti berikut: Kartu Indonesia Pintar, Kartu keluarga Harapan, Kartu Keluarga Sejahtera, Surat Keterangan Panti Sosial/Asuhan, dan Surat Keterangan Tidak Mampu.

Adapun syarat-syarat pendaftaran calon mahasiswa baru STPI Bina Insan Mulia Yogyakarta jalur Beasiswa KIP-Kuliah adalah sebagai berikut:

  1. Jalur pendaftaran ini dibuka khusus bagi calon mahasiswa baru lulusan tahun 2022/2023/2024.
  2. Transfer biaya pendafataran sebesar Rp.200.000,- ke nomor rekening 137-00-1677721-7 di Bank Mandiri atas nama STPI Bina Insan Mulia Yogyakarta dan simpan struknya.
  3. Siapkan foto struk bukti transfer pendaftaran untuk diupload di google form.
  4. Siapkan foto bebas sopan dengan wajah yang terlihat jelas untuk diupload di google form.
  5. Mengisi seluruh pertanyaan yang ada di google form dengan jawaban yang sebenarnya.
  6. Upload bukti-bukti keterbatasan ekonomi sebagaimana disebutkan di atas.
  7. Tekan tombol kirim/submit pada google form untuk mengakhiri.
  8. Pastikan Anda bergabung di Group WhatsApp melalui tautan link yang disediakan di google form sebelum mengakhiri agar Anda mendapat info-info terbaru dari panitia.

Silahkan klik tombol di bawah ini untuk melakukan pendaftaran jalur Beasiswa KIP-Kuliah:

Pendaftaran Jalur Beasiswa Lainnya

STPI Bina Insan Mulia Yogyakarta juga memiliki jalur beasiswa lain selain KIP-Kuliah, di antaranya adalah: (1) Beasiswa Super Unggul, (2) Beasiswa Tahfidz, (3) Beasiswa Guru Ngaji, dan (4) Beasiswa Panti. Untuk mendapatkan beasiswa ini setiap calon mahasiswa harus daftar terlebih dahulu melalui link berikut:

Tanya Jawab yang sering muncul

Calon pendaftar di STPI Bina Insan Mulia Yogyakarta sering mengajukan beberapa pertanyaan. Hal itu wajar karena ingin lebih meyakinkan diri untuk masuk di Kampus Guru Kreatif Indonesia ini. Di antara beberapa pertanyaan yang sering muncul adalah:

Mengapa Kuliah di STPI?

STPI adalah kampus untuk semua kalangan karena semua bisa kuliah dengan murah, mudah dan bermutu. Murah pada semua biayanya dari daftar sampai lulus, mudah dari proses daftar hingga proses perkuliahan sampai dengan lulus, bermutu karena terbukti telah menjadi Kampus Guru Kreatif Indonesia. STPI Bina Insan Mulia Yogyakarta merupakan kampus yang memiliki letak strategis. Lokasinya dekat dengan kota, tempat wisata, mall, rumah sakit, malioboro, ringroad utara, dan tempat-tempat umum lainnya.

Berapa biaya kuliah di STPI?

Biaya kuliah di STPI Bina Insan Mulia Yogyakarta meliputi:

  1. Pendaftaran sebesar Rp.200.000,-
  2. Her-Registrasi sebesar Rp.950.000,- (bisa diangsur sepanjang kuliah/4 tahun). Jika diangsur selama 4 tahun, maka per bulan sebesar Rp.19.800,- (lebih murah dari jajanmu sehari, hehe).
  3. Khusus mahasiswa linierisasi biaya Her-Registrasi sebesar Rp.300.000,-
  4. SPP sebesar Rp.1.800.000,- (per semester) atau sebesar Rp.300.000,- (per bulan). Boleh dibayar per semester atau per bulan.
  5. Biaya Pengembangan Institusi sebesar Rp.3.000.000,- Bisa diangsur sepanjang kuliah (4 tahun).
  6. Khusus mahasiswa linierisasi biaya Pengembangan Institusi sebesar Rp.2.000.000,- Bisa diangsur sepanjang kuliah (2 tahun).
  7. Biaya PPL-KKN Integratif sebesar Rp.800.000,-
  8. Biaya munaqosyah sebesar Rp.600.000,-
  9. Biaya wisuda sebesar Rp.1.500.000,-
  10. Biaya perpustakaan sebesar Rp.100.000,-

Adakah kelas karyawan?

Jadwal perkuliahan di STPI Bina Insan Mulia Yogyakarta masih aman untuk mereka yang ingin kuliah sambil kerja, yaitu pukul 13.20 – 17.10 WIB setiap harinya. Jadi, kalian bisa kerja dulu paginya. Tenang aja, jadwal ini bisa disesuaikan dan disepakati bersama di kelas saat melakukan kontrak perkuliahan bersama dosen dan mahasiswa di kelas.

Adakah kuliah online?

Model perkuliahan di STPI Bina Insan Mulia Yogyakarta dilakukan melalui 3 cara, yaitu offline, online dan blended learning. Hal itu tergantung jenis mata kuliah dan dosen pengampu serta sesuai kesepakatan di kelas.

Adakah program linieritas?

Ada. Bisa ditempuh selama 2 tahun jika jurusan sebelumnya non-kependidikan. Bisa ditempuh kurang dari 2 tahun jika jurusan sebelumnya kependidikan.

Di mana letak STPI?

Lokasi STPI sangat strategis, letaknya sekitar 500 meter sebelah selatan ringroad utara Yogyakarta. Lebih tepatnya di Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Jika ingin melihat langsung silahkan klik di sini.

Adakah beasiswa di STPI?

Banyak. STPI Bina Insan Mulia Yogyakarta menyediakan banyak beasiswa, di angtaranya adalah beasiswa KIP-Kuliah, beasiswa super unggul, beasiswa tahfidz, beasiswa guru ngaji dan beasiswa panti. Selain itu juga disediakan Beasiswa Pengembangan Prestasi Akademik (BPPA).

Adakah asrama untuk mahasiswa?

Ada. STPI Bina Insan Mulia Yogyakarta memiliki fasilitas asrama untuk mahasiswa, baik yang putra maupun putri.

Apakah STPI sudah terakreditasi?

Alhamdulillah STPI Bina Insan Mulia Yogyakarta sudah terakreditasi Baik Sekali. Termasuk Prodi PIAUD juga sudah terakreditasi Baik Sekali, sedangkan Prodi PGMI terakreditasi Baik.

Apakah lulus dari STPI gampang cari kerja?

Alhamdulillah hampir 100% lulusan STPI terserap di dunia kerja, baik sebagai guru, kepala sekolah maupun lainnya. Terlebih, STPI Bina Insan Mulia Yogyakarta berada di bawah naungan Yayasan Silaturrahim Pecinta Anak (SPA) Indonesia di mana di dalamnya juga menaungi Lembaga Pendidikan Islam Salsabila yang telah memiliki belasan unit sekolah, mulai dari PAUD, TK, SD, dan SMP. Sehingga banyak mahasiswa STPI yang juga terserap di sana. Selain itu STPI juga telah menjalin kerjasama dengan beberapa lembaga pendidikan lainnya di mana telah banyak juga lulusan STPI yang terserap di sana.

Bagaimana testimoni para alumni mengenai STPI?

Terdapat banyak testimoni yang masuk dari para alumni kepada STPI Bina Insan Mulia Yogyakarta. Kami tidak mungkin menyampaikan semuanya apresiasi tersebut di kolom ini. Sebagai contoh silahkan lihat testimoni di halaman beranda website ini pada sisi paling bawah sebelum footer, atau klik di sini lalu scroll ke paling bawah.